Ternyata Ada Hari Tari Sedunia

Seni Tari dan Budaya :  Ternyata Ada Hari Tari Sedunia


DENPASAR, Barangkali, tak banyak dari kita yang tahu bahwa ternyata seni tari memiliki hari besar yang diperingati sebagai Hari Tari Sedunia. Nah, Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menggelar sebuah kegiatan secara spontanitas yang dikemas untuk memperingati Hari Tari Sedunia (World Dance Day), 29 April 2013.

Pembantu Dekan III FSP ISI Denpasar Dr Ni Luh Sustiawati, M Pd mengatakan bahwa kegiatan yang akan berlangsung sejak sore hingga tengah malam itu diisi dengan berbagai garapan tari oleh para mahasiswa yang mendalami seni tari dan tabuh.

Ia mengatakan pementasan tersebut antara lain menyajikan garapan hasil kelas koreografi V mahasiswa jurusan tari semester VI serta garapan mahasiswa tari dengan tema lingkungan.

Garapan tari dimulai dari Taman Budaya Denpasar menuju Kampus ISI Denpasar mulai pukul 14.00-18.00 wita.

Dilanjutkan dengan kegiatan di areal Kampus ISI Denpasar mulai pukul 19.30-21.00 wita yakni kolaborasi garapan musik para mahasiswa Program Studi Sendratasik ISI Denpasar.

Luh Sustiawati menjelaskan puncak peringatan Hari Tari Sedunia digelar pementasan di panggung terbuka ISI Denpasar mulai pukul 21.00 hingga tengah malam.

Kegiatan tersebut, antara lain dimeriahkan dengan dengan tari legong masal, tari baris tunggal masal, tari topeng keras, tari topeng dalem dua versi, dan "social dance" yang diiringi penabuh dari mahasiswa dan dosen Jurusan Karawitan ISI Denpasar.

Pelaksanaan peringatan Hari Tari Sedunia itu dimotori oleh Rektor ISI Denpasar Dr I Gede Arya Sugiartha, S SKar MHum.

Ia manyambut baik dan mendukung rangkaian kegiatan tersebut. Rangkaian kegiatan dinilai sangat penting bagi generasi muda untuk membangkitkan potensi budaya dan tari tradisi.

Dengan demikian diharapkan mampu melahirkan komitmen, kesetiaan, kreativitas, pengelolaan yang tangguh, loyalitas dan tidak gampang menyerah.

Kegiatan tersebut sekaligus menunjukkan keunggulan tari, kreativitas, dan percaya diri penari ISI Denpasar dalam memperkaya khasanah tari.

"Untuk itu kami mengundang masyarakat untuk dapat menyaksikan karya anak didik kami di ISI Denpasar" ujar Dr Arya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Seni Pertunjukan I Ketut Garwa, SSn MSn yang secara teknis merancang kegiatan tersebut menjelaskan, memperingati Hari Tari Sedunia hingga tengah malam, tidak akan mengurangi aktivitas roda akademik di lembaga pendidikan tinggi seni tersebut.

Upaya tersebut diharapkan mampu memberikan ruang fokus kepada mahasiswa akhir yang akan mengadakan ujian tugas akhir pada pertengaham Mei mendatang.

Selain itu, FSP juga disibukkan dengan latihan untuk persiapan pementasan Pesta Kesenian Bali (PKB) 2013, karena ISI Denpasar kembali mendapat kepercayaan untuk menampilkan oratorium di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Tanpa mengurangi makna perayaan Hari Tari Sedunia, pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi juga dapat terlaksana secara dengan seimbang, ujar I Ketut Garwa.

Sumber : http://www.voaindonesia.com/content/rayakan-hari-tari-sedunia-warga-solo-menari-di-jalan/1650689.html


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Seni Budaya Indonesia © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery collaboration with Life2Work