LUTUNG KASARUNG AKAN PENTAS DI SINGAPURA

Seni Budaya - Gelar Seni Budaya Indonesia


Bandung (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf, akan membawa pagelaran musikal Lutung Kasarung berpentas di X-Planet Singapura pada 2012. 

Gelar Seni Budaya Indonesia
Dede Yusuf
"Saya akan bawa pementasan musikal drama kolosal `Lutung Kasarung` ke pentas dunia pada tahun 2012. Lutung Kasarung harus bisa mentas di X-Planet Singapura," katanya di Bandung, Minggu. 

Musikal Lutung Kasarung yang diperankan 100 orang dari Paguyuban Mojang dan Jajaka (Moka) Jawa Barat itu merupakan pentas kolosal yang puncaknya akan digelar pada November 2011.

Sementara itu, target pentas di Singapura diharapkan bisa terealisasi pada 2012. Selain di Singapura, juga di sejumlah negara lainnya, seperti Malaysia dan Thailand. 

"Saya optimistis cerita-cerita rakyat Jawa Barat akan diterima dan diapresiasi di luar negeri. Untuk itu, Lutung Kasarung dan cerita lainnya akan dikemas dengan garapan yang inovatif.

Gebrakan membawa cerita rakyat Jabar ke pentas dunia yang diusung Dede Yusuf, Paguyuban Moka Jabar serta Yayasan Prima Ardian Tana itu tidak main-main, termasuk dengan menggandeng Sanggar Saung Angklung Udjo untuk berkolaborasi.

"Uniknya, pertunjukan digarap oleh tim kreatif dengan penampilan mojang dan jajaka, seniman dan generasi muda yang konsen terhadap terhadap nilai-nilai budaya lokal," katanya. 

Selain itu, Wagub Jabar yang juga seniman film itu mengubah peran Mojang dan Jajaka yang selama ini hanya untuk kegiatan atau upacara seremonial menjadi pelaku dari kegiatan seni dan kepariwisataan. 

"Mojang dan Jajaka tidak hanya untuk kegiatan seremonial, namun mereka diajak terjun langsung sebagai seniman dan pelaku pariwisataan langsung. Salah satunya dalam seni peran," katanya.
(U.S033/E011)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Seni Budaya Indonesia © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery collaboration with Life2Work